Visiting Professor Dr. Mohamad Termizi Bin Borhan dari Universiti Pendidikan Sultan Idris ke Departemen Pendidikan IPA FMIPA UNY

1
min read
A- A+
read

Dr Termizi bersama mahasiswa FMIPA

Semangat keilmuan kembali menyala di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan datangnya Visiting Professor Dr. Mohamad Termizi Bin Borhan dari Fakultas Sains dan Matematika, Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia. Kunjungan yang berlangsung baru-baru ini merupakan salah satu kegiatan Inbound Visiting Professor sebagai perwujudan Program Enhancing Quality Education for International University Recognition (EQUITY) Project.

Kunjungan ini disambut Dekan FMIPA Prof. Dr. Dadan Rosana, Wakil Dekan AKA  Dr. Ali Mahmudi dan Wakil Dekan RKSIU Dr. Tien Aminatun.  “Harapannya kunjungan ini bisa membuka kolaborasi pada bidang penelitian dan pengabdian masyarakat” kata Dadan Rosana. Selain itu FMIPA UNY dan Dr. Termizi juga menjadikan kesempatan ini sebagai platform untuk memperkuat kerjasama akademik antara FMIPA UNY dan UPSI, membuka jalan bagi kemitraan dalam penelitian bersama maupun publikasi bersama, pengabdian kepada masyarakat, dan pertukaran akademik. Kunjungan ini memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi pengaturan transfer kredit antara dua institusi, memfasilitasi mobilitas akademik bagi mahasiswa dan dosen.

Dalam kesempatan kunjungannya, Dr. Termizi memberikan perkuliahan kepada mahasiswa S1, S2, dan S3 di Departemen Pendidikan IPA. Kepada 146 mahasiswa S1 Pendidikan IPA, Dr. Termizi berbagi pengetahuan tentang Pembelajaran IPA Terintegrasi, terutama di kawasan Asia Tenggara, dengan fokus khusus pada Malaysia. Mahasiswa tak hanya mendengarkan kuliah, namun juga aktif berdiskusi dan diberi tugas untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA terintegrasi. Kepada 47 mahasiswa S2 dan S3 Pendidikan IPA, topik yang dibawakan oleh Dr. Termizi adalah mengenai Problem & Project Based Learning. Sepanjang sesi, Dr. Termizi berbagi wawasan tentang praktik IPA Terintegrasi, pendekatan pembelajaran berbasis masalah, dan aplikasinya dalam berbagai pengaturan pendidikan. Tujuannya adalah untuk memperluas pemahaman mahasiswa tentang pembelajaran IPA terintegrasi sambil mendorong kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah.

Secara keseluruhan, kunjungan Dr. Termizi sangat berperan dalam memperkaya lanskap akademik di lingkungan FMIPA UNY, memperkuat kolaborasi internasional, dan memberdayakan mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang pembelajaran IPA inovatif. Diskusi yang aktif dan interaktif, ditambah dengan peluang kolaborasi antara UNY dan UPSI, menandai pentingnya kerjasama lintas institusi dalam memajukan pendidikan dan penelitian. Dengan demikian, kunjungan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa, tetapi juga membuka pintu bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemitraan akademik yang lebih luas di masa depan

Penulis: Tyas

Editor: Dedy

MBKM
IKU
IKU 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus